Tuesday 8 September 2015

Bencana Kabut Asap, Ini Instruksi Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Selatan untuk meninjau lokasi kebakaran hutan di provinsi kitu, Minggu 6 September 2015. Kedatangan Jokowi tersebut merupakan tindak lanjut dari status darurat asap yang terjadi di sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Sebelumnya, pada Jumat 4 September 2015, Jokowi memimpin rapat koordinasi dengan beberapa pejabat dalam rangka memberikan arahan dalam penanganan bencana kabut asap. Dalam rapat tersebut, Jokowi mengisntruksikan empat hal untuk menanggulangi bencana kabut asap.

Pertama, pemadaman api dilakukan TNI melalui hujan buatan dan water boombing.Kedua, adanya upaya penegakan hukum yang dipimpin Kapolri bersama PPNS dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Dalam Negeri.

Ketiga, perihal penanganan masalah kesehatan, karena tidak sedikit masyarakat yang terserang infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Sedangkan yang keempat, sosialisasi tentang bahaya bencana kabut asap dan dampaknya bagi kesehatan.

sumber:

No comments: