Tuesday 11 August 2015

SIAPA EDI PURWANTO ??

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan terjadi di seluruh wilayah di Indonesia, Provinsi Jambi pun ikut ambil bagian dalam Pilkada yang akan terselenggara pada 9 Desember 2015 nanti dengan mempertemukan pasangan incumbent Hasan Basri Agus (HBA) / Edi Purwanto dengan Zumi Zola – Fachrori Umar. Keduanya akan bertarung merebutkan kursi nomor satu di propinsi Jambi.

Dari keempat nama diatas, nama Edi Purwanto menjadi nama yang paling asing, pertanyaan pun muncul, siapakah Edi Purwanto, lantas mengapa  HBA meminangnya untuk menjadi pasangan dalam pilkada tahun ini?

Edi Purwanto merupakan Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, pemilihan Edi Purwanto untuk mendampingi HBA adalah instruksi langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri. Sebelumnya ia dikenal sebagai kader murni PDIP, ia merupakan orang yang berada dalam struktural partai. 

Diharapkan, Edi Purwanto bisa menjalanikan idiologi PDIP dalam mewujudkan cita-cita trisakti Bung karno, mengawal empat pilar kebangsaan dan menjalankan nawacita Jokowi yang bermuara pada kesejahteraan rakyat.

Sementara itu HBA memiliki alasan lain dalam menggandeng Edi Purwanto. Ia meminang Edi Purwanto karena Edi merupakan kader dari partai pemenang pemilu, yakni PDIP dan juga partai pemeintah, sebab untuk membangun Provinsi Jambi menurutnya perlu dukungan dari partai penguasa (pemerintah)

"Untuk bangun Jambi kita butuh partai penguasa yakni PDIP, saya juga sudah lapor ke Pak SBY (Ketua Umum Partai Demokrat) ingin koalisasi dengan PDIP, dan PDIP setuju asal wakil gubernur dari PDIP dan saya sudah cerita dengan Pak Fachrori posisinya begini," ujarnya seperti yang dikutip pada tribunnews.com.

Dukungan terhadap pasangan Hasan Basri Agus / Edi Purwanto tak hanya datang dari masyarakat Jambi, tetapi juga datang dari 3 Presiden yang pernah dan sedang menjabat, antara lain Megawati (melalui PDIP), SBY (melalui Demokrat) dan Jokowi. Tak hanya itu, kedua pasangan tersebut juga didukung oleh Prabowo (melalui Gerindra) dan Anis Matta (melalui PKS).

Menurut berita yang dilansir oleh tribunnews.com, berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh LKPPPR menyatakan pasangan HBA/ Edi Purwanto menang dengan selisih 15% dari rivalnya. HBA/ Edi Purwanto mendapatkan nilai 57% sedangkan rivalnya Zumi Zola – Fachrori Umar hanya mendapatkan suara sebanyak 37%.


Sumber:

No comments: