Monday 10 August 2015

Menilik Peluang Pasangan Hasan Basri Agus/Edi Purwanto di Pilgub Jambi

Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada sebentar lagi akan dimulai secara serentak di Indonesia pada 9 Desember 2015. Setiap daerah akan memilih pemimpin baru mereka, termasuk di Provinsi Jambi. Pada Pilkada kali ini, akan mempertemukan dua pasangan, yakni pasangan Hasan Basri Agus Agus (Petahana) dan Edi Purwanto dengan Zumi Zola – Fachrori Umar.

Pasangan Hasan Basri dan Edi Purwanto didukung oleh Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Gerindra, PKPI, Perindo, PKS dan PPP sedangkan pasangan Zumi Zola – Fachrori Umar didukung oleh Golkar dan PAN.

Lantas bagaimana peluang pasangan Hasan Basri Agus/Edi Purwanto di Pilgub Jambi nanti? Bila kita melihat, pasangan tersebut dapat memenangkan pemilu nanti, sebab Hasan Basri Agus telah membuat banyak prestasi selama menjabat menjadi gubernur di Provinsi Jambi.

Salah satu prestasinya adalah program Satu Miliar Satu Kecamatan, atau dikenal juga dengan singkatan SAMISAKE. Program ini bertujuan untuk pengentasan kemiskinan di Provinsi Jambi.bentuk penyalurannya antara lain program bedah rumah, beasiswa, Jamkesmas dan sertifikasi tanah milik masyarakat.

Selama dipimpin oleh Hasan Basri Agus, provinsi Jambi memperoleh banyak penghargaan, antara lain Sikompak Award selama lima kali berturut-turut, sebagai penghargaan tertinggi dalam PNPM Mandiri Perdesaan.

Selain prestasinya di atas, Hasan Basri Agus menujuk Edi Purwanto sebagai pasangan merupakan ketua DPD PDI Perjuangan Jambi. Penujukan tersebut dinilai tepat, sebab PDIP adalah partai pemenang Pemilu dan untuk untuk membangun Provinsi Jambi menurutnya perlu dukungan dari partai penguasa.

"Untuk bangun Jambi kita butuh partai penguasa yakni PDIP, saya juga sudah lapor ke Pak SBY (Ketua Umum Partai Demokrat) ingin koalisasi dengan PDIP, dan PDIP setuju asal wakil gubernur dari PDIP dan saya sudah cerita dengan Pak Fachrori posisinya begini," ungkap Hasan Basri Agus seperti yang dikutip dari tribunnews.com.

Selain itu, banyak pendukung Hasan Basri Agus/Edi Purwanto yang merupakan kader partai yang mengusung pasangan lain. Menurut beritasatu.com, Sebanyak 25 pengurus DPD PAN Kota Jambi mengundurkan diri dari PAN karena mendukung pasangan Hasan Basri Agus/Edi Purwanto.

"Saya bersama 25 orang pengurus dan kader yang lain menyatakan mundur dari PAN. Surat pernyataan ini akan kami kirimkan ke DPW PAN Provinsi Jambi dan DPP PAN pusat," ujar M Sum Indra yang menjabat sebagai ketua DPD PAN Kota Jambi.

Dengan begini dipastikan pasangan petahana Hasan Basri Agus/Edi Purwanto akan diprediksi menang. Karena dukungan yang datang tak hanya dari partai pengusung, namun juga datang dari simpatisan yang datang dari partai lain.

Sumber:

No comments: