Thursday 17 September 2015

MenPUPR: Kurangi Impor, Pemerintah Maksimalkan Baja Lokal

Men PU-PR Basuki Hadimuljono mengatakan, pada tahun 2016 nanti, pemerintah akan menggunakan bahan baku baja lokal sebanyak 80% untuk pembangunan infrastruktur jembatan. Hal tersebut sesuai dengan dengan arahan Presiden dan Wakil Presiden yang menginginkan tingkat komponen dalam negeri lebih diutamakan.

"Mudah-mudahan untuk tahun depan (2016) penggunaan baja untuk jembatan bisa 80-20 (80 persen produksi dalam negeri, dan 20 persen impor)," ujarnya.

Menteri Basuki Hadimuljono pun menunjuk PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) untuk memasok baja untuk tahun 2016. Namun tidak menutup kemungkinan bagi perusahaan lokal lainnya untuk ikut memasok juga. Hal ini, telah diatur melalui prosedur pengadaan barang dan jasa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. "(Penetapan harga juga) sesuai e-catalogue," imbuhnya.

Direktur Utama PT Krakatau Steel, Sukandar menyatakan siap memproduksi kebutuhan baja untuk kepentingan pembangunan infrastruktur nasional. "Kami menyanggupi, kami punya kemampuan produksi baja 3,9 juta ton dalam 1 tahun, jumlahnya sangat besar," ujarnya.

sumber

No comments: