Tuesday 8 September 2015

Sofyan Djalil Bentuk Tim Restrukturisasi Regulasi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil mengatakan pemerintah membentuk komite khusus untuk memangkas kesemrawutan regulasi di Tanah Air yang mencapai 2.700 perizinan.

Sofyan menjelaskan, saat ini pemerintah sedang mengkaji semua pertimbangan yang ada untuk membentuk komite tersebut. Komunikasi serta kesepahaman dengan semua kementerian dan lembaga negara akan ditegakkan agar menjadi satu suara.

Komite deregulasi ini akan memberangus segala regulasi yang tak penting dan tumpang-tindih, baik antarlembaga, kementerian, maupun pemerintah pusat dan daerah. Selain itu, segala peraturan baru akan diseleksi betul hingga bisa diimplikasikan secara nyata.

Sofyan mengatakan temuan 2.700 peraturan tersebut mayoritas peraturan yang dikeluarkan pemerintah pusat, termasuk peraturan yang dikeluarkan internal Kementerian/Lembaga, seperti Peraturan Menteri (Permen) terkait.

Bappenas akan memimpin komite ini selain itu semua pihak yang memiliki kebijakan dan ahli independen akan bergabung dalam komite ini. Pembentukan komite tersebut juga akan didahului penerbitan Peraturan Presiden untuk penugasan restrukturisasi dan reformasi peraturan

Sumber:

No comments: