Monday 25 May 2015

CUKANG TANEUH DARI INDONESIA

Jika merasa terlalu jauh berkunjung ke Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat sana, kalian gak perlu sedih karena Indonesia punya lho Green Canyon dan ternyata tak kalah cantiknya dengan yang ada di Amerika sana. 

Sebenarnya tempat ini punya nama asli yaitu Cukang Tanueh. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga negara Prancis pada tahun 1993. Sedangkan Cukang Taneuh punya arti yaitu jembatan tanah, hal ini dikarenakan di atas lembah dan Jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani di sekita sana untuk menuju kebun mereka. Green Canyon Indonesia ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat.

Nah berbicara tentang Cukang Taneuh atau Green Canyon, saya beberapa waktu lalu berkesempatan untuk mengunjungi tempat tersebut bersama teman-teman dari komunitas iPhonesia yang di sponsori oleh Nissan Indonesia, hehehe

Berangkat dari Kemang (Meeting Point) jam 00.00 WIB Jum'at dini hari, kami semua berangkat menggunakan mobil Nissan (total ada 10 mobil Nissan Grand Livina) lumayan lama perjalanannya lho dari Jakarta ke Pangandaran sekitar 8 jam lah, kami aja sampai disana pukul 8 pagi, pihak pengelola sana sudah menunggu kami sekaligus sudah menyiapkan sarapan, langsung deh turun dari mobil kita semua bergegas ke tempat yang sudah disediakan untuk sarapan pagi.

Sudah kenyang semua masing-masing dari kami bersiap-siap mengganti pakaian untuk melakukan body rafting (aktifitas dialam bebas menyusuri arah/arus sungai tanpa menggunakan perahu karet melainkan menggunakan seluruh tubuh). Masing-masing dari kami sudah disiapkan pakaian yang sangat safety, pokoknya keamanannya terjamin deh, karena sudah ada guide kita selama mengarungi sungai kurang lebih 4 jam lho!! 

Sudah memakai semua perlengkapan kita semua berkumpul untuk berdo'a semoga diberi keselamatan, setelah itu kami dibagi beberapa kelompok untuk naik mobil bak untuk menuju sungai, kurang lebih 15 menit jaraknya ke sungai, memang harus menggunakan mobil bak untuk akses kesananya. 

Sampai deh kita semua di lokasi, disini lah kita memulai perjalanan untuk mengarungi cantik nan indahnya Green Canyon, guide memandu kami untuk mengikuti perintahnya mana jalur yang boleh dilewati mana yang tidak, sungguh ini merupakan pengalaman saya yang begitu mantap, menyaksikan betapa indahnya lokasi ini, sepanjang mengarungi arus sungai ini memang benar-benar disuguhkan pemandangan luar biasa indah. Saran saja jika nanti kalian ingin mengunjungi Green Canyon dan mau mengabadikan momen-momen indah disana sebaiknya anda membawa kamera anti air atau bisa juga smartphone yang sudah dilengkapi case anti air, karena kalau tidak anda pasti akan menyesal sekali melewatkan pemandangan ciptaan Tuhan yang begitu indah ini. Kebetulan foto-foto ini bukan dari saya sendiri yang mengambilnya melainkan dari salah satu rekan komintas kami yang memang sudah menyiapkan peralatan untuk foto-foto. 
Selama kurang lebih 4 jam kita akan mengarungi arus sungai ini hanya menggunakan tubuh kita tanpa bantuan perahu karet lho, tenang aja bagi yang tidak bisa berenang pun aman, karena kan sudah ada pelampung, tapi biarpun sudah ada pelampung tapi nyali gak ada tetep aja pasti takut, nah kalo mau lihat pemandangan seperti ini tingkat keberanian harus naik berlipat-lipat dan tentunya harus semangat karena itu yang diperlukan, saya aja gk bisa begitu berenang lho, tapi saya yakin bisa dan Alhamdulillah sampai finish.







Body Rafting disana juga tidak melulu kita harus mengarungi sungai tapi ada juga lho yang perlu kita lewati dengan berjalan memanjat di tebing-tebing, karena jalurnya memang seperti itu, seru deh pokoknya, benar-benar menguji adrenalin kita banget nih berada disni, tapi bagi yang memang takut tak perlu khawatir karena ada perahu untuk melihat sebagian indahnya Green Canyon, inget lho ya sebagian ini juga udah dibagian akhir dan akses kesana tentunya beda dengan jalur kita tadi. pokoknya kalo nanti kesana juga tau deh mana jalur yang mau body rafting, mana yang hanya mau melihatnya dari perahu.


yup, akhirnya selesai juga deh kami mengarungi indahnya Green Canyon, sebenernya masih ada beberapa foto-foto bagus lainnya, kalo saya upload kebanyakan gak seru donk, biar kalian sendiri aja yang melihat sendiri nanti yah. hehehehe