Monday 14 September 2015

Menkeu Terpilih Menjadi Ketua Development Committee Bank Dunia


Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro terpilih menjadi Ketua Development Committee Bank Dunia menggantikan Marek Belka yang merupakan Gubernur Bank Sentral Polandia, beberapa waktu lalu di Washington, AS. Posisi itu dinilai memberi kesempatan bagi Indonesia mempromosikan kebijakan Indonesia sebagai model pembangunan ekonomi.

Bambang Brodjonegoro akan memimpin forum para menteri keuangan dan gubernur bank sentral anggota Bank Dunia. Mereka akan berperan memberi arahan strategis bagi aktivitas global Bank Dunia dalam mendorong pembangunan ekonomi dunia dan memobilisasi sumber-sumber finansial untuk mencapai target pembangunan global, serta berbagai agenda global lain seperti isu perubahan iklim dan pencapaian sustainable development goals.

Development Committee Bank Dunia adalah forum setingkat menteri keuangan yang menjadi anggota Bank Dunia dan IMF untuk mencari solusi atas isu-isu pembangunan. Development Committee dikenal dahulu sebagai Komite Bersama Menteri-Menteri dan Dewan Gubernur Bank Sentral guna menangani transfer sumber daya riil negara-negara berkembang. Komite ini berdiri sejak tahun 1974 dan beranggotakan 25 negara.

Dengan terpilihnya Bambang Brodjonegoro, Indonesia dapat lebih berperan menyuarakan kepentingan negara-negara berkembang sesuai yang diamanatkan Presiden Jokowi pada peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) April 2015 lalu. Saat itu, Presiden menyatakan bahwa Indonesia siap menjalankan peran global agar tatanan dunia menjadi lebih adil. Persoalan ekonomi dunia hanya dapat diselesaikan bila mengikutsertakan pandangan dari negara berkembang.

Sumber:

No comments: