Monday 14 September 2015

Menkominfo Prioritaskan pembangunan BTS daerah perbatasan

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggenjot jumlah Base transceiver station (BTS) di wilayah-wilayah perbatasan Indonesia. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Rudiantara menargetkan pada semester dua tahun 2016, 115 desa yang dekat dengan perbatasan khususnya di Kalimantan sudah dibangun. Daerah-daerah perbatasan yang belum memiliki skala keekonomian bagus, maka banyak operator yang masih berpikir untuk membangun infrastrukturnya di sana.

Oleh sebab itu Kemkominfo, akan memberikan subsidi kepada operator telekomunikasi. Menurut Rudiantara, pada 2016, pihaknya memprioritaskan pembangunan BTS lebih dari 115 desa di perbatasan Kalimantan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menjaga kedaulatan dan pemerataan akses telekomunikasi.

Operasional BTS, menurut dia, nantinya akan disubsidi sehingga operator tidak merugi. Subsidi tersebut, menurut dia, akan diberikan melalui dana kewajiban pelayanan universal (USO).

Pembangunan daerah perbatasan, terluar dan terpencil merupakan salah satu sasaran pembangunan dalam Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika memacu pemerataan teknologi informasi dan komunikasi di daerah perbatasan.

Sumber:

No comments: